September 25, 2022 6:10 am | Kamu sedang mengakses website Indonesia

Sustainability-id

PT. URC Indonesia telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun untuk menghasilkan produk makanan dan minuman yang mempunyai mutu kualitas dan nilai yang terbaik dengan proses yang terjaga untuk menjamin kepuasan konsumen. PT. URC Indonesia adalah perusahaan multinasional yang berlokasi di Kawasan MM2100, Bekasi, Indonesia menawarkan berbagai macam makanan ringan untuk menyenangkan para konsumen. Kredibilitas dalam membangun produk yang kokoh selama bertahun-tahun telah menjadikan PT. URC Indonesia sebagai perusahaan makanan yang dicintai oleh masyarakat Indonesia.

Sejalan dengan program URC Corporate dalam menjalankan business continuity kedepannya, penting bagi PT. URC Indonesia untuk membawa ke tingkat berikutnya selain untuk memastikan kualitas produk yang tetap terjaga yaitu dengan menanamkan program sustainability yang bertujuan untuk memastikan pertumbuhan tetap berlanjut, dan Program CSR salah satu yang menunjang sustainability ini merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan, bukan lagi melihat sebagai sarana biaya (cost centre) melainkan sebagai sarana meraih keuntungan (profit centre)

SUSTAINABILITY

PT. URC Indonesia memiliki komitmen tinggi dalam pengimplementasian CSR (Corporate Social Responsibility) dalam mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Dalam konsep CSR ini untuk menjawab kebutuhan di masa kini tanpa mengancam kemampuan untuk melindungi generasi penerus untuk memenuhi kebutuhannya.

Dengan adanya sustainability program ini mempermudah perusahaan untuk mengimplementasikan program-program sebagai strategi bisnis. Salah satu concern penting perusahaan adalah kelestarian lingkungan di wilayah operasionalnya selama keberjalanan produksi yang tertuang dalam kebijakan perusahan. Program dimulai dengan identifikasi mengenai masalah ekonomi, lingkungan, dan social perusahaan yang dijadikan sebagai prioritas jangka panjang.

TYPE OF SUSTAINABILITY:

Beberapa hal yang sudah dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan CSR program yang bertujuan untuk sustainability sebagai concern utama.

Reduce and Reuse Plastic

URC Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang food and beverages, sehingga intensitas penggunaan plastik sangatlah tinggi selama produksi berjalan. Beberapa tahun terakhir, salah satu inisiatif perusahaan untuk mendukung sustainability program adalah:

  • Menghilangkan plastik polybag untuk semua produk snack yang menjadi unsur packaging sebelum produk dimasukan kedalam box karton.
  • Mengganti plastik polybag untuk proses transfer produk WIP (Work in Progress) menggunakan tray plastik yang tertutup agar kualitas produk masih tetap terjaga.
  • Penggunaan ulang plastik (reuse plastic) untuk digunakan pada material yang sama, diharapkan dapat mengurangi limbah plastik dan benefit pada perusahaan berupa cost saving.

WWTP (Wastewater Treatment Plant)

Limbah cair hasil proses produksi dan operasional PT. URC Indonesia akan ditampung dan diolah pada unit pengolahan air limbah atau waste water treatment plant (WWTP) sebelum dibuang ke saluran limbah kawasan, ini adalah salah upaya melindungi lingkungan dari pencemaran dan juga kepatuhan terhadap peraturan dari perusahaan.

PT. URC Indonesia yang lokasi di Jalan Sulawesi telah menambah instalasi mesin DAFF dan Screw Press, dimana dua alat ini membantu menstabilkan dan membuat e-fluent lebih baik lagi sebelum dibuang ke saluran kawasan. Sedangkan plant di Jalan Selayar, di tahun 2021 PT. URC Indonesia telah menginvestasikan pembuatan atau wastewater treatment plant (WWTP) sesuai dengan kepatuhan terhadap peraturan dan juga menjaga e-fluent agar tetap memenuhi standard dan tidak merusak Lingkungan sekitar.

Reduce and Reuse Water

Air selain digunakan dalam proses produksi, juga digunakan dalam hal pembersihan alat-alat dan mesin saat produksi akan berjalan atau berhenti. Salah satunya, pada pembersihan tray sebagai penampung produk setengah jadi.

Dengan jumlah Tray plastik yang banyak maka dibutuhkan air yang tidak sedikit untuk proses pencucian, sebelumnya PT. URC Indonesia melakukan proses pencucian secara manual, dan di tahun 2021 telah berinvestasi untuk menggunakan Automatic Washing Machine Tray. Dimana dengan mesin ini, tidak semua air akan terbuang, tapi air akan disaring dan digunakan kembali secara berulang (sirkulasi) sehingga penggunaan air akan lebih hemat. Selain benefit dari penghematan, PT. URC Indonesia juga telah berkontribusi terhadap Lingkungan.

Dalam menjaga kualitas produk dan menjamin keamanan produk perusahaan melakukan uji micro sebagai bukti pendukung bahwa tray yang dihasilkan tetap berkualitas bersih. Didapatkan bahwa tray yang telah dicuci menggunakan mesin lebih bersih dibandingkan dengan di cuci secara manual. Perusahaan mendapatkan benefit dalam biaya penghematan air.

Pada Proses CIP (Cleaning in Place) pun PT. URC Indonesia melakukan improvement untuk mempersingkat waktu pembilasan di akhir untuk meminimalisir penggunaan air pada bilasan akhir dengan cara mengganti chemical yang digunakan menggunakan liquid yang bisa lebih homogen dan tidak meninggalkan banyak residu di media cleaning.

Perubahan Kategori Limbah B3

Setiap operasional PT. URC Indonesia akan menimbulkan limbah. Sebelumnya sludge dari hasil pengolahan limbah di WWTP dikategorikan sebagai limbah B3, dan sesuai dengan peraturan menteri lingkungan hidup dimana yang proses disposal dari limbah B3 ini diatur dalam peraturan pemerintah dan harus melalui treatment khusus.

Karena PT. URC Indonesia merupakan perusahaan makanan dan minuman, dimana limbah yang dihasilkan merupakan limbah dari material makanan dan minuman. Dari dasar tersebut PT. URC Indonesia melakukan pengujian ulang untuk Sludge yang dihasilkan. Dari hasil Analisa Lab, bahwa Sludge yang dihasilkan bukan merupakan kategori limbah B3, dan PT. URC Indonesia mengusulkan perubahan kategori sludge dari limbah B3 ke Limbah Non B3 kepada ementerian Lingkungan Hidup di tahun 2021.

Setelah usulan tersebut dikaji dan diterima, Sludge tersebut bisa digunakan kembali menjadi pupuk tanaman dengan bantuan pihak ketiga yang mempunyai Ijin. Selain keuntungan secara finansial karena proses disposal lebih murah, dengan  adanya program ini juga perusahaan ikut ikut berkontribusi untuk melakukan pengelolaan limbah yang dihasilkan agar lebih bermanfaat.

Penggunaan Lampu LED

PT. URC Indonesia untuk penerangan sebelumnya menggunakan lampu Tube Luminescent (TL). Dimana Lampu TL merupakan salah satu penyebab limbah B3 yang dihasilkan oleh perusahaan karena mengandung mercury.

Dikarenakan perusahaan telah berkomitmen dalam pengurangan limbah B3 untuk mendukung program sustainability, PT. URC Indonesia mengganti lampu TL menjadi lampu LED secara bertahap dari tahun 2019. Selain tahan lama dan hemat daya, lampu LED terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan berbahaya ataupun beracun bagi manusia dan lingkungan hidup.

Penggunaan Lampu LED

PT. URC Indonesia pada tahun 2021 membuat lubang biopori yang memiliki manfaat mampu meningkatkan daya resap air hujan ke dalam tanah sehingga mampu mengurangi resiko banjir akibat meluapnya air hujan. Selain itu, teknologi ini juga mampu meningkatkan jumlah cadangan air bersih di dalam tanah.

Pembuatan lubang biopori ini adalah sebagai upaya PT. Indonesia mendukung program pelestarian air tanah.

Selain poin-poin diatas, PT. URC Indonesia juga secara rutin melaporkan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pemantauan Lingkungan Hidup yang dilakukan kepada Dinas Lingkungan Hidup setiap 6 bulan dan melakukan pelaporan aktivitas pembuangan limbah B3 kepada Dinas Lingkungan Hidup setiap 3 bulan sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan dari pemerintah.

Click to Hide Advanced Floating Content

PT URC Indonesia tidak pernah memungut biaya apapun dari proses rekrutmen ataupun dari pemenang program undian serta aktivitas lainnya.